fbpx

Waspada! Phising Ancaman Membahayakan Perusahaan Anda

Waspada! Phising Ancaman Membahayakan Perusahaan Anda

Daftar Isi

Phising merupakan aksi kejahatan daring yang sangat berpotensi merugikan perusahaan Anda.

Pelaku phising mencoba untuk memperoleh informasi rahasia seperti username, password, dan nomor rekening melalui berbagai metode yang menyesatkan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan Anda untuk waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap serangan phising.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang pengertian phising dan jenis-jenisnya, contoh phising yang sering terjadi, dampak kejahatan phising terhadap perusahaan, cara melindungi perusahaan dari serangan phising, phising di media sosial, mengenal website phising dan cara menghindarinya, keamanan email serta ancaman phising melalui email, phising dan kejahatan cyber lainnya, dan pertanyaan umum tentang phising.

Pengertian Phising dan Jenis-jenisnya

Pengertian Phising dan Jenis-jenisnya
Sumber : freepik.com/@rawpixel.com

Phising adalah tindakan penipuan daring yang seringkali dilakukan dengan cara menipu korban untuk mengungkapkan informasi pribadi seperti password dan nomor rekening. Hal ini sering dilakukan dengan mengirim email atau pesan spam, yang tampak seperti asli dan resmi.

Jenis-jenis phising yang paling umum mencakup:

Jenis PhisingKeterangan
Email phisingPhishing melalui email yang mencoba menipu korban untuk mengungkapkan informasi rahasia
Phising WebsitePhising melalui website palsu yang mencoba meniru website asli untuk mengumpulkan informasi rahasia
Phising PhonePhising melalui telepon yang mencoba menipu korban untuk mengungkapkan informasi rahasia
Phising TextPhising melalui pesan teks yang mencoba menipu korban untuk mengungkapkan informasi rahasia

Phising juga bisa dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Ini adalah jenis phising sosial yang mencoba menipu orang untuk mengklik tautan berbahaya atau malware, atau memasukkan informasi pribadi seperti kata sandi dan nomor rekening.

Bitdefender Product Promo

Contoh Phising yang Sering Terjadi

Phishing adalah praktik penipuan online di mana penjahat mencoba mengelabui orang agar memberikan informasi rahasia. Ada banyak jenis phising yang beredar di internet, dan pada umumnya, mereka semua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencuri identitas, uang, atau data penting dari korban.

Berikut adalah beberapa contoh phising yang sering terjadi:

Jenis PhisingDeskripsi
Email phisingPenjahat mengirim email palsu yang terlihat seperti aslinya dari bank, perusahaan kartu kredit, atau situs web lain yang meminta informasi rahasia dari korban.
Phising melalui pesan teksPenjahat mengirim pesan teks palsu yang meminta korban untuk mengunjungi situs web palsu dan memasukkan informasi rahasia.
Phising melalui iklan onlinePenjahat membuat iklan palsu yang terlihat seperti iklan asli dari perusahaan terkenal. Ketika seseorang mengklik iklan tersebut, dia akan diarahkan ke situs web palsu yang meminta informasi rahasia.
Phising melalui jaringan sosialPenjahat membuat profil palsu di situs jejaring sosial dan mengirim pesan atau permintaan pertemanan palsu ke orang-orang, yang kemudian mengarahkan korbannya ke situs web palsu.

Phishing dapat terjadi pada siapa saja, dan sangat penting untuk mengenali tanda-tanda phising dan menghindarinya sebisa mungkin.

Jangan pernah memberikan informasi rahasia, seperti nomor rekening bank, kata sandi, atau informasi kartu kredit, kepada seseorang atau situs web yang tidak Anda kenal atau tidak tepercaya.

Selalu berhati-hati dan waspada karena phising bisa sangat merugikan dan membahayakan Anda dan perusahaan Anda.

Baca Juga : Serangan Siber Meningkat Tajam! Amankan Data Perusahaan Anda!

Dampak Kejahatan Phising terhadap Perusahaan

Dampak Kejahatan Phising terhadap Perusahaan
Sumber : freepik.com

Phising dapat memiliki dampak yang merugikan bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi apabila perusahaan terkena serangan phising:

DampakDeskripsi
Kehilangan dataPhising dapat memungkinkan peretas untuk mengambil data penting seperti informasi akun bank dan kartu kredit, informasi karyawan, dan detail rahasia lainnya.
Kehilangan uangJika perusahaan terkena serangan phising berupa penipuan transfer dana, perusahaan dapat kehilangan jumlah uang yang signifikan.
Kerusakan citra perusahaanApabila data karyawan atau pelanggan perusahaan bocor dan digunakan untuk tujuan yang tidak baik, ini dapat merusak citra perusahaan dan memengaruhi kepercayaan karyawan dan pelanggan.

Untuk menghindari dampak-dampak tersebut, perusahaan harus selalu meningkatkan sistem keamanan dan melakukan edukasi kepada karyawan mengenai ancaman phising.

Perusahaan juga harus mengajarkan karyawan cara menghindari serangan phising dan menjaga keamanan data.

Cara Melindungi Perusahaan dari Serangan Phising

Phishing dapat menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan. Agar terhindar dari ancaman ini, pembuat kebijakan keamanan harus memperhatikan tindakan pencegahan dan memastikan seluruh karyawan dilatih untuk mengenali dan menghindari serangan phising.

Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi perusahaan Anda dari serangan phising.

1. Edukasi Karyawan

Langkah pertama dan terpenting adalah memberikan edukasi tentang phising kepada seluruh pegawai. Karyawan harus dilatih untuk memahami apa itu phising dan bagaimana cara menghindarinya.

Pastikan mereka dapat mengenali tanda-tanda phishing dan melaporkannya ke tim keamanan jika diperlukan.

2. Perkuat Keamanan Email

Phishing seringkali dilakukan melalui email. Oleh karena itu, perlu diperkuat keamanan email perusahaan. Pastikan setiap email masuk dan keluar dienkripsi dan menggunakan sertifikat SSL.

Pertimbangkan juga untuk menginstal filter spam dan antivirus yang dapat membantu mencegah serangan phishing melalui email.

3. Perbarui dan Lindungi Perangkat Lunak

Phishing seringkali memanfaatkan kelemahan perangkat lunak dan sistem operasi yang belum diperbarui.

Pastikan setiap perangkat dan sistem operasi perusahaan diperbarui secara teratur. Selain itu, pertimbangkan untuk memasang software keamanan tambahan seperti firewall dan antivirus untuk melindungi perusahaan dari serangan phishing dan malware.

4. Gunakan Layanan Keamanan Sertifikat Digital

Layanan sertifikat digital membantu melindungi perusahaan dari serangan phishing dan serangan siber lainnya. Sertifikat digital memberikan kepercayaan pada pelanggan, karyawan, dan partner bisnis.

Sertifikat digital juga memberikan enkripsi data dan memberikan tanda tangan digital untuk memverifikasi identitas asli perusahaan.

5. Buat Back-Up Data Secara Berkala

Phishing dapat menyebabkan kehilangan data yang penting, oleh karena itu perlu memastikan bahwa data telah dibuat backup secara berkala.

Pastikan bahwa backup data perusahaan aman dan disimpan di tempat yang terlindungi. Pemulihan data yang cepat dapat membantu meminimalkan kerugian akibat serangan phishing.

Kaspersky Endpoint Security Product Promo

Phising di Media Sosial: Contoh Phising Facebook

Phishing tak hanya mengincar email, tetapi juga media sosial, seperti Facebook. Phishing Facebook memiliki banyak bentuk, mulai dari teks panggilan, umpan balik palsu, hingga aplikasi atau game yang mencuri informasi pengguna. Setelah mendapatkan informasi pengguna, phisher dapat mencuri identitas dan mengambil alih akun Facebook pengguna.

Phishing Facebook sering terjadi melalui pesan langsung (DM) yang terlihat seperti pesan dari teman-teman atau keluarga. Pesan tersebut meminta pengguna untuk mengklik tautan atau mengunduh lampiran yang sebenarnya mengarah ke situs phishing. Situs tersebut dapat meminta nama pengguna dan kata sandi, nomor telepon, atau informasi kartu kredit.

Untuk menghindari phishing Facebook, pengguna harus selalu berhati-hati dengan pesan langsung yang mencurigakan. Jangan mengklik tautan atau mengunduh lampiran dari sumber yang tidak terpercaya.

Selalu verifikasi pesan dengan menghubungi teman atau keluarga terlebih dahulu untuk memastikan apakah mereka benar-benar mengirim pesan tersebut.

Jika pengguna merasa sudah menjadi korban phishing Facebook, segera ganti password dan laporkan keamanan ke Facebook. Untuk mencegah phishing, pengguna juga dapat mengaktifkan sistem keamanan Facebook, seperti verifikasi dua faktor dan memperbarui password secara rutin.

Mengenal Website Phising dan Cara Menghindarinya

Saat ini, banyak penjahat siber yang menggunakan teknik phishing untuk mencuri data pribadi pengguna. Salah satu metodenya adalah dengan membuat situs web phishing, yang meniru dan menipu pengguna agar memasukkan informasi pribadi mereka.

Phishing website dapat mengalihkan pengguna ke halaman palsu yang terlihat mirip dengan situs web asli yang sah, seperti formulir login, toko online palsu, atau halaman unduhan yang berisi malware.

Untuk menghindari website phishing, Anda perlu waspada dan selalu memeriksa tautan dan URL sebelum memasukkan informasi pribadi.

Pastikan bahwa URL yang ditampilkan di browser Anda cocok dengan situs web asli yang Anda tuju.

Selalu periksa apakah situs web memiliki sertifikat keamanan SSL (Secure Sockets Layer) dan logo pengamanan lain seperti padlock hijau di bilah alamat, yang menunjukkan situs web menggunakan koneksi yang aman.

Tips Menghindari Website Phising:Keterangan:
Periksa URLPeriksa URL dengan seksama sebelum memasukkan informasi pribadi Anda.
Periksa sertifikat keamanan SSLPastikan situs web memiliki sertifikat keamanan SSL dan logo pengamanan lain seperti padlock hijau di bilah alamat.
Jangan klik tautan dari email yang mencurigakanCek kembali email dan pastikan bahwa email berasal dari sumber yang dapat dipercaya sebelum mengklik tautannya.
Pergunakan layanan antivirusPastikan Anda mempunyai layanan antivirus yang selalu aktif dan terupdate untuk melindungi diri dari malware.

Jangan pernah memasukkan informasi pribadi Anda ke dalam formulir di situs web yang mencurigakan. Saat memasukkan informasi pribadi, seperti nama pengguna dan password, pastikan bahwa Anda melakukannya di situs web yang asli dan sah.

Jika Anda merasa bahwa sebuah situs web mencurigakan atau tidak aman, jangan mengungkapkan informasi pribadi Anda atau menyimpan informasi pribadi Anda di situs web tersebut.

Melindungi perusahaan dari serangan phising sangat penting, karena satu tindakan ceroboh dapat mengancam reputasi dan keamanan perusahaan.

Perusahaan harus memastikan bahwa semua karyawan dilatih untuk mengenali dan menghindari phising dan selalu menjaga keamanan website dan sistem mereka.

Keamanan Email dan Ancaman Phising

Keamanan Email dan Ancaman Phising
Sumber : freepik.com

Email merupakan sarana komunikasi yang sangat penting dalam bisnis. Namun, email juga menjadi sarana yang rentan terhadap serangan phishing.

Phishing melalui email dapat dilakukan dengan mengirimkan email palsu yang terlihat seperti email resmi dari perusahaan atau organisasi yang dikenal.

Phishing email juga dapat menanyakan informasi sensitif seperti password atau nomor kartu kredit. Oleh karena itu, perlu diketahui cara-cara untuk mengidentifikasi email phising dan menghindari jebakan tersebut.

Ciri-Ciri Email Phising

Berikut adalah beberapa ciri-ciri email phising:

  • Email tidak langsung ditujukan kepada Anda secara pribadi dan hanya menggunakan salam yang umum seperti “Halo” atau “Dear Customer”.
  • Email meminta informasi pribadi seperti password atau nomor kartu kredit.
  • Email mengancam bahwa akan menutup akun atau memberikan sanksi jika tidak segera memberikan informasi yang diminta.
  • Email mengandung tautan yang mencurigakan dan meminta Anda untuk mengkliknya.
  • Alamat email pengirim mencurigakan atau tampak tidak sah.

Cara Menghindari Email Phising

Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari email phising:

  1. Periksa alamat email pengirim dan pastikan bahwa email tersebut berasal dari sumber yang dapat dipercaya.
  2. Jangan mengklik tautan yang mencurigakan pada email tersebut.
  3. Periksa tata bahasa dan gaya penulisan email. Email phising seringkali memiliki tata bahasa dan gaya penulisan yang buruk.
  4. Jangan memberikan informasi pribadi atau sensitif melalui email.
  5. Gunakan program antivirus dan firewall terbaru untuk melindungi komputer dari virus dan malware.
  6. Lakukan tindakan pencegahan tambahan seperti mengaktifkan dua faktor otentikasi pada akun email atau memperbarui kata sandi secara berkala.

Dengan meningkatkan kesadaran dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat, perusahaan dapat melindungi diri mereka dari ancaman phishing melalui email dan menjaga keamanan informasi mereka.

Phising dan Kejahatan Cyber lainnya

Phising adalah salah satu bentuk kejahatan cyber yang paling umum dan merugikan. Namun, phising hanyalah satu dari banyak jenis kejahatan cyber yang perlu diperhatikan.

Jenis-jenis kejahatan cyber lainnya, antara lain:

Jenis Kejahatan CyberDefinisi
MalwareProgram jahat yang dirancang untuk merusak atau mengganggu sistem komputer.
ScammingPenipuan yang dilakukan dengan cara meminta korban untuk membayar uang atau memberikan informasi pribadi.
HackingPenetrasi ke dalam sistem komputer yang dilakukan dengan cara melanggar keamanan jaringan.
PharmingPenyerangan yang mencari akun penting atau informasi dari pengguna pada sebuah website.
RansomwareProgram jahat yang dirancang untuk mengenkripsi file atau memblokir akses pengguna hingga membayar sejumlah uang.

Juga penting untuk diingat bahwa seringkali kejahatan cyber tidak terbatas pada satu jenis saja. Kombinasi kejahatan cyber seperti hacking dan phising atau malware dan scamming dapat digunakan dalam serangan yang kompleks dan merusak.

Karena itu, perlu diperhatikan semua jenis kejahatan cyber dan diambil tindakan pencegahan yang tepat untuk melindungi perusahaan dari ancaman-ancaman ini.

Pertanyaan Umum tentang Phising

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum mengenai phising:

1. Apa itu phising?

Phising adalah tindakan menipu dengan tujuan mencuri informasi pribadi atau keuangan seseorang dengan membuat halaman web atau email yang terlihat menyerupai halaman web atau email yang sah.

2. Apa yang menjadi target phising?

Phising biasanya menargetkan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, nama pengguna, sandi, dan informasi akun lainnya. Namun, phising juga dapat menargetkan informasi penting lainnya, seperti detail bisnis.

3. Bagaimana cara menyadari apakah email atau halaman web itu benar-benar phising?

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah: tampilan alamat web atau email yang mencurigakan, permintaan informasi pribadi yang tidak relevan, dan penekanan untuk segera mengambil tindakan yang mengarah pada situs atau formulir. 

4. Apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur menjadi korban phising?

Segera ganti sandi akun yang diretas, laporkan tindakan phising ke pihak yang berwenang, dan periksa keuangan atau akun online Anda untuk melihat apakah ada transaksi yang tidak sah atau mencurigakan.

5. Bisakah phising dicegah? 

Phising dapat dicoba dicegah dengan mengedukasi karyawan dan meningkatkan kesadaran tentang bagaimana mengidentifikasi email atau situs web phising yang mencurigakan. Peningkatan keamanan sistem dan pengajuan password yang kuat juga dapat membantu mencegah phising.

Baca Juga : Apa itu Network Security? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Picture of Septian Bagus Widyacahya

Septian Bagus Widyacahya

My name is Septian Bagus Widyacahya, exploring the world of digital marketing since 2018. And now I'm focused on helping grow the business through SEO & SEM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Waspada! Phising Ancaman Membahayakan Perusahaan Anda ?