fbpx

HATI-HATI WI-FI PUBLIK, BAHAYA!

Daftar Isi

Penggunaan internet yang semakin meningkat, berbanding lurus dengan minat untuk menggunakan Wi-Fi. Tentu saja Wi-Fi gratis kerap dicari bagi sebagian orang guna menghemat atau mengurangi pengeluaran paket data. Maka tak heran saat ini banyak ditemui tempat-tempat yang menyediakan fasilitas berupa free Wi-Fi atau Wi-Fi gratis.
Tanpa mengurangi jumlah paket data yang telah dimiliki, penggunaan Wi-Fi gratis sangat menguntungkan bagi beberapa orang yang sangat membutuhkan. Apalagi koneksi Wi-Fi yang cenderung kencang, semakin membuat orang betah berlama-lama berselancar di internet dengan tujuannya masing-masing.
Namun, di balik keuntungan yang dirasakan pengguna Wi-Fi, siapa sangka kalau ada bahaya yang mengintai dari penggunaan Wi-Fi gratis di tempat umum ini. Salah satu bahayanya adalah data-data Anda mudah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Apabila anda tidak berhati-hati, maka aktivitas anda saat berselancar di internet bisa menyebabkan device anda terkena hack atau diretas.
Apa saja bahaya dari pemakaian Wi-Fi gratis yang ada di tempat umum?
Meskipun internet publik bisa membantu Anda menghemat kuota internet dan mendapatkan kualitas koneksi yang baik, ternyata hal ini juga menyimpan bahaya. Banyak pelaku kejahatan siber yang bisa memanfaatkannya untuk tindak kejahatan seperti dengan membuat Wi-Fi gratis palsu hingga menyusup ke dalam jaringan Wi-Fi tersebut.
Oleh sebab itu, setidaknya perlu kita ketahui secara bersama, jangan terlalu sering mengakses internet yang bersifat publik dan jangan sesekali mengakes atau memasukkan data-data pribadi ketika kita berselancar dengan memanfaatkan akses internet publik.
Tips aman memakai Wi-Fi publik

  1. Jangan asal connect ke Wi-Fi, terutama saat berada di area publik. Pastikan hanya terkoneksi ke jaringan yang benar dan cermati nama Wi-Fi sebelum terhubung.
  2. Pakai aplikasi VPN sebab cara ini terbilang aman. Aplikasi VPN resmi ini akan mengacak IP dan membungkus kiriman pesan-pesan yang dikirim ke internet.
  3. Untuk transaksi keuangan seperti akses ke tabungan, aplikasi bayar online, atau bahkan online shop, sebaiknya tidak menggunakan Wi-Fi gratis. Jika terpaksa, pastikan menggunakan VPN sebab tanpa VPN pesan yang kita kirim lewat Wi-Fi akan terbaca seperti surat tanpa amplop alias transparan.

Itulah beberapa hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengakses Wi-Fi umum. Oleh karena itu, penting untuk melindungi perangkat dengan menggunakan VPN untuk melindungi kita saat sedang online. Apabila tidak, risiko perangkat menjadi rusak sangat tinggi.
#Wifipublik #wifiumum #digitalsolusi #perlindungandigital #bahayawifiumum

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang HATI-HATI WI-FI PUBLIK, BAHAYA! ?