fbpx

Apa itu Adware dan Apa Dampaknya?

Daftar Isi

Digifriends pernah mengalami dimana setelah menginstall sesuatu pada perangkat kalian baik komputer maupun handphone tiba-tiba muncul iklan yang tidak diketahui dan muncul berkelanjutan? Jika pernah mungkin software yang kalian install tadi berisikan sebuah virus atau bahkan memang virus yang bernama adware.

Adware juga biasanya akan menyusup ke dalam komputer saat sedang berselancar di internet. Tanpa diketahui oleh digifriends adware akan masuk dan menginstall sendiri ke dalam system komputer dan memunculkan iklan-iklan yang sangat menganggu.

Tujuan pengirim atau pembuat adware adalah dengan mendapatkan keuntungan dari iklan PPC (pay per click) dan menyebarkannya via adware. Meskipun dampaknya tidak terlalu besar tapi tentunya sangat menganggu proses kinerja dari perangkat kita.

Dampak Adware

Selain menganggu, adware juga membawa dampak seperti:

  1. Kecepatan internet akan menjadi lambat
  2. Browser error / stuck (not responding)
  3. Muncul iklan yang tidak senonoh atau pop up iklan yang sangat aneh dan menganggu
  4. Saat pertama kali browsing dan mencari keyword yang kita butuhkan pada tab browser, terkadang muncul mesin pencarian yang asing seperti mysearch, ask, dll

Jenis-jenis Adware

Terdapat beberapa jenis adware yang sering ditemukan dan menjangkit komputer. Berikut jenis-jenis adware yang menganggu karena memunculkan iklan secara terus-menerus.

Open Candy

Pada dasarnya open candy tidak bisa didefinisikan sebagai virus, adware maupun spyware. Karena produk ini merupakan sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media promosi berbagai produk.

Namun, dengan seiring berjalannya waktu terdapat seseorang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan open candy dengan cara menyusupi virus worm dan menjadi sebuah adware. Ketika digifriends berusaha menghapus virus ini, maka ia akan terus menggandakan dirinya.

Registry Booster

Dari Namanya mungkin kita akan mengira bahwa ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk memperbaiki system registry yang eror. Namun itu ternyata hanya sebuah strategi yang digunakan peretas untuk membuat kita menginstallnya.

Registry booster sangat berbahaya apabila terinstall pada perangkat kita, software tersebut akan memasang logger pada perangkat kita. Apabila kita tersambung dengan internet, berbagai data penting kita akan terekam dan otomatis terkirim pada peretas tersebut. Bayangkan saja apabila data tersebut mengenai data pribadi, data bank atau kartu kredit, tentunya akan sangat berbahaya.

Ask toolbar

Ask toolbar sebenarnya juga bukan termasuk sebuah adware atau spyware melainkan ads ons resmi dari situs ask.com. akan tetapi para peretas memodifikasinya sehingga menjadi sebuah spyware yang digunakan untuk tujuan mengambil semua data dari browser korban dan mengirimkannya kepada peretas.

Apabila ada data atau akun penting milik kita yang bocor maka akan gawat dan bisa digunakan untuk hal yang merugikan.

Mobogenie

Bagi beberapa digifriends mungkin sudah tidak asing dengan nama ini, mobogenie merupakan sebuah software yang mempunyai fungsi untuk transfer data dari android ke pc.

Selain itu mobogenie juga mempunyai banyak fitur menarik seperti app store. Namun karena kepopulerannya banyak tangan yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya dengan memodifikasi mobogenie menjadi sebuah spyware yang mencuri data penting korbannya.

Babylon toolbar

Sebenarnya Babylon toolbar merupakan sebuah aplikasi penerjemah yang mirip dengan google translate. Namun sejak tahun 2010 microsoft memberikan peringatan bahwa Babylon toolbar merupakan sebuah virus browser hijacker yang berarti software tersebut dapat mencuri berbagai data yang telah kita masukkan ketika sedang berselancar di internet.

Cara mengatasi adware di perangkat

Tidak hanya iklan biasa, biasanya peretas juga menyisipkan pop up iklan yang sangat menganggu karena bisa muncul kapan saja. Jika sudah demikian maka digifriends harus menghilangkan virus tersebut.

  1. Gunakan antivirus dengan perlindungan maksimal seperti bitdefender.
  2. Menggunakan safe mode
  3. Cek kembali aplikasi yang ada di control panel
  4. Install ulang browser google chrome / mozzila firefox

Kesimpulan

Pesan minlo untuk digifriends semua untuk selalu berhati-hati dalam berselancar di dunia internet. Pastikan untuk selalu menggunakan software yang original dan jangan coba-coba dengan software bajakan / crack karena sangat rentang dengan yang namanya malware tadi. Untuk digifriends yang mencari informasi atau kepo antivirus yang minlo sarankan tadi (bitdefender) bisa menghubungi minlo dengan langsung hubungi kami melalui instagram @digitalsolusi atau melalui whatsapp di nomor 081233345119.

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Apa itu Adware dan Apa Dampaknya? ?