fbpx

Resiko Ancaman Bisnis Online

Resiko Ancaman Bisnis Online

Daftar Isi

Sebagai pemilik bisnis online, kita semua harus terus untuk maju dan mengikuti perkembangan jaman. Entah itu bisnis dari skala internasional, maupun bisnis lokal. Seperti saat ini dunia mulai beralih menjadi serba digital dalam segala aspek termasuk pada bidang bisnis.

Bisnis yang bergerak pada digital, memiliki banyak data penting dan privasi yang perlu dijaga kerahasiaannya dari publik. Contohnya seperti identitas digital, perlindungan digital tidak hanya menjaga rahasia perusahaan dari publik, tapi juga bertujuan untuk melindungi data agar tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu perusahaan juga perlu mengantisipasi hal buruk terjadi jika perusahaan bisnis tidak mengelola data dengan baik.

Berikut adalah beberapa bahaya yang akan terjadi apabila suatu perusahaan bisnis tidak menggunakan perlindungan digital:

Downtime Menyebabkan Biaya Kerugian

Downtime adalah istilah yang digunakan dalam industri komputer yang menunjukan ketika sistem IT tidak tersedia alias offline dan tidak beroperasi.

Downtime bisa terjadi akibat malfungsi hardware dan software, mati lampu, dan kesalahan manusia.

Adapun saat downtime ini terjadi ketika adanya pengelolaan buruk pada data perusahaan, sehingga saat rentan inilah dimanfaatkan oleh cyberattacks untuk meretas.

Selain mengganggu operasional kerja, downtime memerlukan biaya besar untuk menanggulangi agar tidak terjadi, yaitu sebesar $67,2 juta.

Baca Juga : Cara Pengendalian Keamanan Data Perusahaan

Keamanan Data Rentan

Tentu saja jika tidak memasang perlindungan digital sudah pasti akan menarik cyberattacks untuk meretas sistem perlindungan digital perusahaan yang lemah.

Bayangkan saja perusahaan besar yang ternama di Indonesia, menjadi incaran para cyberattacks dan masih bisa diretas padahal perusahaan tersebut sudah memiliki perlindungan digital yang kuat. Terlebih lagi perusahaan yang sama sekali tidak menggunakan perlindungan digital.

Kredibilitas Perusahaan Turun

Tingkat keamanan digital suatu perusahaan akan sangat berpengaruh atas tingkat kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

Semakin aman maka akan semakin tinggi kepercayaan pelanggan, begitu juga sebaliknya. Karena banyak hal yang bisa dinilai dari tingkat perlindungan digital suatu perusahaan, seperti tingkat keamanan data, tingkat kepedulian perusahaan terhadap pelanggannya, service, dan masih banyak lainnya. Maka dari itulah mengapa hal ini bisa sangat mempengaruhi kredibilitas perusahaan.

Artikel Produk Avast Mobile Security

Kesimpulan Resiko Ancaman Bisnis Online

Bahaya yang telah disebutkan bisa saja terjadi atau menimpa siapapun tanpa terkecuali, itulah mengapa perlindungan digital penting bagi suatu perusahaan.

Penggunaan perlindungan digital yang baik akan memberikan dampak positif bagi perusahaan, selain melindungi data perusahaan dan pelanggan, bisa juga untuk membangun kepercayaan pelanggan demi reputasi perusahaan yang bisa diandalkan.

Kesadaran akan perlindungan digital perlu dipelajari terlebih dahulu. Jika ingin bertanya-tanya lebih lanjut mengenai perlindungan digital bisa menghubungi kontak kami atau DM Instagram @digitalsolusi.

Kami juga menyediakan berbagai aplikasi perangkat lunak yang akan membantu Anda dalam melindungi bisnis Anda sehingga Anda hanya perlu fokus untuk mengembangkan bisnis online Anda.

Baca Juga : 7 Fungsi Firewall pada Keberlangsungan Bisnis

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Resiko Ancaman Bisnis Online ?