fbpx

Wujudkan Indonesia Aman dalam Cybersecurity

Daftar Isi

Pengguna Internet di Indonesia 

Di era serba digitalisasi seperti saat ini. internet menjadi salah satu kebutuhan pokok yang penting dimiliki oleh setiap orang. Misalnya kebutuhan untuk berlangganan wifi, membeli kuota internet, dan perangkat digital. Di Indonesia sendiri, pengguna internet semakin tahun semakin bertambah drastis. Terlebih lagi jika melihat dari 5 tahun lalu, lebih tepatnya tahun 2018 dimana saat itu 132,7 juta pengguna internet dan sekarang di tahun 2022 sudah meningkat drastis pengguna internet sebanyak 204,7 juta (katadata, 2022). Yang artinya sebanyak 76,8% masyarakat Indonesia aktif menggunakan internet dan menjadikan Indonesia berada di urutan ke-4 dalam kategori pengguna internet terbanyak di dunia.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa di Indonesia dalam segala bidang dari hiburan hingga urusan pekerjaan semuanya sudah terbius dengan digitalisasi. Lebih singkatnya internet membantu masyarakat Indonesia untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Contohnya berjualan secara online sehingga menghasilkan uang, selalu tersambung dengan orang-orang yang berjarak jauh, menjadikan pelayanan sosial lebih mudah terjangkau oleh masyarakat, memudahkan pembayaran belanja, sumber segala informasi termasuk untuk melihat alamat jadi tidak ada kata tersesat, mengefisienkan proses bekerja karena bisa berkolaborasi secara online & sistem kerja work from home, dan mempermudah proses pelaksanaan akademik seperti sistem administrasi.

Dari contoh-contoh yang diberikan, menjadi bukti bahwa kini digital dan internet semakin diunggulkan untuk membantu kegiatan masyarakat Indonesia. Tapi bagaimana dengan keamanannya? Apakah sudah ada awareness mengenai kejahatan di dalam dunia maya atau siber? Tanpa sistem keamanan yang baik maka hampir seluruh pengguna internet di Indonesia akan mendapatkan banyak ancaman keamanan dari cyber attack. Dalam menghadapi serangan digital, secara resmi Indonesia mengeluarkan beberapa peraturan tapi hal ini masihlah kurang dan perlu dilengkapi lagi dengan membangun sistem pondasi keamanan yang lebih kuat. Hal itu dapat diwujudkan dengan sebagai berikut:

Cara Tingkatkan Keamanan Siber di Indonesia

  1. Memetakan ancaman-ancaman yang terjadi di Indonesia
  2. Memperkuat hukum mengenai keamanan siber
  3. Menjalin koordinasi yang baik antar lembaga yang menjaga sistem keamanan siber Indonesia
  4. Mengembangkan & memperbarui infrastruktur digital yang lebih aman dan solid
  5. Mengembangkan industri keamanan siber lokal

Kesimpulan

HIngga saat ini pengguna internet di Indonesia semakin hari akan semakin bertambah jumlahnya. Apalagi dengan banyaknya manfaat dari internet sendiri yang memang dibutuhkan demi perkembangan dalam bidang pendidikan hingga ekonomi yang lebih maju. Maka dari itu butuh juga adanya keamanan yang menjaga ketertiban dalam dunia digital, yaitu dengan cara memperkuat pondasi-pondasi keamanan siber. Dengan begini kita masysrakat Indonesia sebagai pengguna internet, hak kita dapat terlindungi serta terjamin dengan baik.

Baca artikel mengenai keamanan siber lainnya disini.

Referensi

https://theconversation.com/mewujudkan-keamanan-siber-bagi-indonesia-apa-yang-harus-dilakukan-116813

https://myrepublic.co.id/negara-pengguna-internet-terbesar-di-dunia/

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Wujudkan Indonesia Aman dalam Cybersecurity ?