fbpx

Tips Menjaga Keamanan Informasi

Daftar Isi

Keamanan digital kenapa penting?

Pada perusahaan yang berdiri dan berbasis digital, keamanan siber merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan. Alasannya cukup sederhana, karena perusahaan tanpa keamanan siber sama dengan rumah tanpa pagar dan pintu yang terkunci, sangat rawan dan berpotensi tinggi terjadinya kemalingan oleh penjahat. Kemudian apa yang akan terjadi? Selain perusahaan rugi, antara lain ada kerugian finansial, kerugian konsumen, dan hancurnya reputasi perusahaan. Itulah kerugian besar yang terjadi ketika suatu perusahaan tidak dapat memasang perlindungan siber.

Tips jaga keamanan informasi 

Melihat permasalahan yang ada tentu saja membuat perusahaan dengan gencar semakin berwawasan dengan perlindungan siber. Tapi sebelum itu ada baiknya bila kita mengokohkan fondasi SDM perusahaan terlebih dahulu. Maka dari itu, berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa diterapkan untuk perusahaan yang sedang dijalankan, yaitu:

  1. Kesadaran Keamanan Informasi

Hal paling mendasar untuk mengimplementasikan keamanan siber adalah menanamkan kesadaran akan keamanan informasi digital perusahaan. Hal ini khususnya harus disosialisasikan kepada para karyawan pekerja agar lebih berhati-hati dengan ancaman serta bentuk-bentuk kejahatan digital. Dengan memiliki dasar pengetahuan tentang keamanan siber semua ancaman yang masuk ke perusahaan semaksimal mungkin dapat diatasi dengan baik dan meminimalisir terjadinya kebocoran data penting.

  1. Proses Pendisiplinan

Kerugian terburuk bagi perusahaan adalah hancurnya reputasi perusahaan. Karena bayangkan saja seberapa lama dan keras perusahaan membangun branding dan kepercayaan, kemudian hanya karena 1 kelalaian atau kesalahan dari bocornya data bisa menghancurkan branding dalam sekejap. Maka dari itu sebaiknya ada tindak lanjut yang tegas, sanksi yang membuat efek jera, serta sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia agar kejadian serupa tidak terjadi kembali.

  1. Kepemimpinan

Komitmen dari kepemimpinan seorang pemimpin yang mampu mengatur serta menggerakan SDM memiliki kualitas terbaik. Semua pergerakan di dalam perusahaan semuanya berjalan dengan ijin pimpinan. Termasuk rancangan kebijakan, aturan, prosedur, serta petunjuk terkait implementasi keamanan aset informasi digital perusahaan. Maka dari itu peran dan tanggung jawab seorang pemimpin sangatlah besar, karena apapun yang terjadi ia harus bisa mengatasinya.

Penutup

Keamanan digital sangatlah penting dikarenakan dari kebocoran data yang terjadi akan banyak cabang kerugian yang bisa terjadi. Maka dari itu perlulah adanya SDM perusahaan yang berkualitas, entah itu dari pimpinan maupun staff. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan diantara adalah kesadaran keamanan informasi, proses pendisiplinan, dan kepemimpinan. Dengan begini diharapkan semakin sedikitnya kasus kebocoran data serta kejahatan siber yang terjadi di perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Baca artikel kami lainnya mengenai IT dan Perlindungan Digital lainnya disini.

Referensi:

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Tips Menjaga Keamanan Informasi ?