fbpx

Jangan Lengah! Ransomware Selalu Mengintai

Daftar Isi

Hai digifriends! Apakah kamu udah tau ransomware itu apa? Dan apakah ransomware berbahaya? Yuk simak penjelasan mimin berikut ini.

Apa itu Ransomware?

Ransomware adalah jenis serangan malware yang menyerang perangkat keras dengan mengunci “enkripsi” segala data dan informasi penting korban yang dikirim oleh hacker. Kemudian hacker akan “memeras” korban dengan meminta uang tebusan untuk membuka akses tersebut.

Pada umumnya ransomware berasal dari file yang tidak sengaja di unduh kemudian diam-diam menginstall di perangkatmu. Setelah terinstall ransomware akan memindai seluruh file yang akan menjadi target dan mulai mengenkripsi dan mengunci akses data di perangkat yang kemudian akan memunculkan notifikasi untuk meminta uang tebusan. Apabila digifriends membayar maka akses bisa dibuka kembali, apabila tidak maka semua data yang terkunci akan hilang selamanya, bahkan ada beberapa kasus serangan ransomware dapat menyerang sampai dengan penyimpanan cloud bahkan sampai dengan penyimpanan backup.

Jenis Ransomware

Ransomware dibedakan berdasarkan cara kerjanya, berikut 2 jenis ransomware yang paling sering ditemukan:

  1. Encrypting Ransomware

Ransomware jenis ini bekerja dengan cara mengenkripsi file atau folder penting yang ada pada perangkat korban. Setelah terkunci dan terenkripsi kemudian akan muncul notifikasi tebusan yang harus dibayarkan untuk membukanya.

  1. Locker Ransomware

Ransomware jenis ini tidak sama seperti dengan encrypting ransomware, melainkan dengan hanya mengunci akses korban ke perangkat. locker ransomware memiliki tingkat gangguan rendah karena masih bisa di atasi dengan hanya menghapus script dan sebagainya.

Sampai sini gimana menurut digifriends semuanya? Ngeri bukan? Tapi tenang ya, ada cara untuk langkah awal mencegah terjadinya serangan ransomware kok, caranya yaitu:

  1. Hindari halaman web tanpa HTTPS
  2. Hindari file dari situs yang tidak resmi terutama file crack
  3. Hindari iklan dan tautan yang mencurigakan
  4. Sering backup file
  5. Pastikan firewall dan antivirus menyala dan gunakan jaringan yang aman.

Kesimpulan

“Tapi min, aku udah ngikutin langkah buat pencegahan tapi tetap kena ransomware, terus gimana?”. Tenang digifriends semua, kalau semisal digifriends kena ransomware gak usah panik. Digital Solusi Grup menyediakan jasa untuk mengatasi perangkat yang terkena ransomware dengan jaminan pemulihan data hingga 100% dan uang kembali apabila data gagal kembali. Silahkan langsung hubungi kami melalui instagram @digitalsolusi atau melalui whatsapp di nomor 081233345119.

Keep safe and keep heatlhly digifriends!

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Jangan Lengah! Ransomware Selalu Mengintai ?