fbpx

Jangan Asal Ikut Trend: Perhatikan 3 Hal ini Terlebih Dahulu

Daftar Isi

Belakangan ini sering terdengar kabar tentang kebocoran data, mulai dari perusahaan swasta, negeri, bahkan lembaga. Sosial media instagram pun baru-baru ini diramaikan dengan trend yang diberi nama.“Add Yours”.

Trend ini memberikan kesempatan followers atau audience Instagram untuk melakukan repost nama yang identik dengan pribadi setiap orang, seperti nama kecil, nama panggilan teman dekat dan sebagainya.

Dari trend ini bahkan Sudah memakan korban penipuan. Dilansir dari akun twitter @ditamoechtar_ menceritakan bahwa temannya sempat kena tipu karena trend Add yours di Instagram. Untuk melindungi data pribadimu di Internet, sebelum ikutan trend di social media. Perhatikan 3 hal ini:

1. Mengumbar data pribadi

Hal pertama yang tidah boleh dilakukan, apa lagi sampai di unggah di internet adalah mengupload hal-hal yang bersifat pribadi di Internet. Data pribadi seperti KTP, Email, e wallet dan sebagainya. Karena dengan data ini pelaku kejahatan sudah bisa melakukan aksinya untuk melakukan kejahatan digital.

2. Data spesifik diri kamu

Data spesifik ini sama seperti trend Add yours di Instagram. Seseorang bisa tahu nama panggilan akrab kamu. Bisa saja nama masa kecil atau nama yang hanya diketahui orang terdekatmu

3. Perhatikan data pribadi orang disekitar

Jangan sampai kamu memberikan data pribadi orang diseklilingmu. Nama ibu atau nama hewan kesayangan. Hati-hati dengan ini, karena ini bisa menjadi pintu celah yang berujung data pribadimu akan dicuri.

Selalu berhati-hati apa pun itu yang kamu share di media sosial. Saat ini mulai banyak hacker yang mulai melakukan aksinya secara terang-terangan dan juga lebih berbahaya dari sebelumnya.

Selalu berikan perlindungan terbaik untuk devicemu yang lebih aman dan terlindungi dari pencurian data.s

Follow Instagram @digitalsolusi untuk tips dan info menarik lainnya menggunakan cybersecurity!

Referensi

CNN Indonesia. (2021, November 23). Fitur Add Yours Instagram Buka Celah Penipuan dan Curi Data. Diambil kembali dari CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211123101840-185-724774/fitur-add-yours-instagram-buka-celah-penipuan-dan-curi-data

Lestari, W. (2021, November 24). Jangan Asal Ikut Tantangan Add Yours Instagram, Apalagi Soal Data Pribadi, Berpotensi Disalahgunakan. Retrieved from Tribunjabar.id: https://jabar.tribunnews.com/2021/11/24/jangan-asal-ikut-tantangan-add-yours-instagram-apalagi-soal-data-pribadi-berpotensi-disalahgunakan

Nugrahenny Putri Untari. (2021, November 24). Bikin Heboh, 4 Hal tentang Fenomena Add Yours Instagram yang Berbahaya. Retrieved from Indosport.com: https://www.indosport.com/ragam/20211124/bikin-heboh-4-hal-tentang-fenomena-add-yours-instagram-yang-berbahaya

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Jangan Asal Ikut Trend: Perhatikan 3 Hal ini Terlebih Dahulu ?