fbpx

7 Tips Meningkatkan Keamanan Komputer

Daftar Isi

Taukah digifriends kalau setiap perangkat kita yang terhubung dengan koneksi internet selalu dalam ancaman cybercrime? Bahkan setiap detik apabila peretas mampu menemukan celah pada perangkat kita dengan mudahnya akan membobol dan masuk kedalam perangkat kita secara illegal, tidak hanya sampai itu saja, peretas juga bisa mencuri data, file dan informasi penting kita. Maka dari itu untuk mengantisipasi hal tersebut digifriends dapat mencoba 7 tips meningkatkan keamanan komputer dari minlo.

Selalu menggunakan fitur incognito mode saat berada di area publik

Saat digifriends melakukan perjalanan, nongki di cafe atau working space yang terhubung dengan jaringan wifi mereka, kemudian digifriends sesekali mengakses email, sosial media, dan lainnya mimin saranin untuk menggunakan mode incognito, karena dengan mode tersebut akan sangat berguna dalam menjaga keamanan data-data penting. Dan ketika dalam mode tersebut digifriends tidak perlu khawatir dengan tingkat keamanannya karena sudah sangat membantu dalam menjaga keamanan.

Selalu perbarui sistem operasi dan software

Kebanyakan orang tidak tau manfaat dari memperbarui software bahkan enggan untuk perbaruinya, apakah digifriends termasuk salah satunya? Sebenarnya software yang sudah kadaluarsa atau muncul notifikasi pemberitahuan akan terdapat bug yang belum dibenahi, sehingga bug tersebut bisa menjadi celah masuknya peretas atau malware guna mengambil data-data penting digifriends.

Selalu perhatikan antivirus

Salah satu software wajib yang selalu diinstall adalah antivirus, karena fitur keamanannya yang cukup bisa diandalkan. Kini fitur antivirus pun sudah banyak yang sampai melindungi perangkat kita dari spyware dan internet security (salah satu contohnya yaitu bitdefender). Namun sayangnya ketika digifriends mengaktifkan fitur ini maka akan berpengaruh dengan kecepatan perangkat kalian.

Biasakan membackup file atau data penting

Pencurian data tidak hanya menyalin saja, melainkan juga dapat merusak atau menghapus data. Bagi digifriends yang sering bekerja secara online / remote minlo saranin untuk selalu rutin membackup agar menghindari kerugian karena hilangnya data. Digifriends bisa memanfaatkan hardisk eksternal untuk backup atau upload layanan cloud storage seperti google drive, onedrive, dropbox dan lainnya.

Jangan asal dalam melakukan transaksi online

Pada zaman sekarang segala aktivitas sudah sangat serba praktis, khususnya dalam melakukan jual beli (transaksi) secara online. Namun hal tersebut tidak serta membuat digifriends semuanya lengah dan menurunkan kewaspadaan dengan beranggapan semuanya aman. Terdapat beberapa cara yang biasa dilakukan penipuan secara online salah satu contohnya yaitu phising. Minlo saranin untuk tidak memberikan user atau password hingga kode unik untuk authentifikasi kepada orang lain.

Hiraukan pesan spam

Spam dalam email mungkin sudah biasa digifriends semua alami, tetapi bagaimana dengan spam yang ada di sosial media yang biasanya membagikan link-link aneh dan tidak terbaca. Biasanya spam juga menawarkan kuota besar dengan harga murah dan promo menarik lainnya. Jika digifriends melihat seseorang yang mengirimkan link mencurigakan, jangan pernah klik tersebut ya, karena bisa saja digifriends menjadi target kejahatan oleh peretas.

Usahakan rutin mengganti password

Beberapa orang atau termasuk digifriends menggunakan password untuk semua akun dan berlaku seumur hidup. Selain itu juga biasanya menggunakan password dengan hal yang identik seperti tanggal lahir. Jika digifriends seperti itu minlo saranin untuk melakukan perubahan password secara berkala seperti yang disarankan oleh Menteri Kominfo. Karena jika 1 akun sudah bisa diretas bisa saja akan menyebar ke akun digifriends yang lain. Coba dengan mengganti password secara berkala baik 6 bulan sekali atau 1 bulan sekali. Gunakan juga kombinasi huruf, angka dan symbol untuk keamanan extra dan membuat password sulit ditebak.

Kesimpulan

Bagaimana nih digifriends semua? Apakah dapat ilmu baru? Atau dapat pencerahan dari minlo? Semoga tips yang minlo berikan dapat bermanfaat bagi digifriends meskipun mungkin bagi beberapa digifriends terasa sedikit rumit. Oleh karena itu minlo ngasih rekomendasi lagi nih supaya dalam satu step saja digifriends terjamin keamanan dari semua sisi, yaitu dengan menggunakan software antivirus bernama bitdefender.

Bitdefender merupakan antivirus yang sudah sangat dikenal banyak orang dan mempunyai pengguna hingga 500 juta diseluruh dunia dengan keamanan yang sangat kompleks dimulai dari antivirus yang memerangi malware hingga ransomware loh, tidak hanya itu saja bitdefender juga melindungi jaringan kita dari dalam dan luar. Luarbiasa mantab kan? Kalau mau informasi lanjut dan detail bisa hubungi minlo dengan cara hubungi kami melalui instagram @digitalsolusi atau melalui whatsapp di nomor 081233345119.

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang 7 Tips Meningkatkan Keamanan Komputer ?