fbpx

Endpoint Security

Daftar Isi

Endpoint Security, Cara Efektif Melindungi Perangkat Kantor

Seperti namanya endpoint security terdiri dari 2 kata, endpoint sendiri adalah jalur komunikasi yang masuk ke dalam satu jaringan saja. Endpoint dimanfaatkan sebagai jaringan milik bisnis saat diakses oleh perangkat nirkabel, seluler, atau perangkat jauh. Perangkat-perangkat yang dimaksud adalah perangkat apapun itu yang terhubung dengan jaringan milik bisnis pusat. Biasanya hal ini lebih mudah dikenal dengan enduser, contohnya seperti komputasi (HP, laptop, PC, komputer), perangkat kantor (printer, fotocopy, fax, telp), dan perangkat lain yang terhubung ke jaringan. Sementara endpoint security memberikan perlindungan dan keamanan pada perangkat yang tersambung dengan jaringan bisnis pusat. Dengan begitu perangkat tersebut akan terhindar dari incaran para hacker yang mengintai data perusahaan.

Tujuan

Tujuan utama dari endpoint security sendiri adalah untuk mengatasi dan meminimalkan risiko-risiko buruk yang bisa saja melanda perangkat yang tersambung dengan jaringan perusahaan. Sistem perangkat endpoint menjadi salah satu incaran yang mudah ditembus oleh para hacker. Pasalnya proses endpoint ini mencakup proses, data, informasi sensitif yang disimpan dan dikirim melalui perangkat tersebut. Proses ini dianggap sebuah celah terbuka untuk hacker bisa masuk dan memberikan ancaman siber.

Endpoint dapat dianggap sebagai sebuah pintu terbuka yang bisa dimasuki oleh siapapun termasuk penjahat. Dengan memasang keamanan endpoint maka ia akan bekerja untuk mendeteksi ancaman yang tidak diketahui dan memberikan perlindungan berlapis. Hal ini menjadi perangkat endpoint kantor perusahaan menjadi jauh lebih terlindungi selain itu kelebihan dari keamanan endpoint adalah pengaplikasiannya mudah, cepat, dan tentu saja fleksibel.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa keamanan endpoint memang sangat dibutuhkan terlebih lagi jika perusahaan memiliki big data pelanggan dan data sensitif lainnya yang disimpan secara digital. Ancaman digital setiap harinya terus meningkat jumlahnya dan tidak bisa lagi mengandalkan antivirus konvensional lagi. Dengan menggunakan endpoint security tentu saja akan memberikan keefektifan dalam perlindungan perangkat endpoint perusahaan. Untuk mencari detail mengenai endpoint security, Digital Solusi Grup menyediakan jasa tersebut. Hubungi kami lebih lanjut pada Whatsapp kami di website jika ingin berkonsultasi mengenai permasalahan digital mu.

Baca artikel kami lainnya mengenai perlindungan atau kejahatan digital disini.

Referensi:

https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-endpoint/  https://infokomputer.grid.id/read/121623138/mengenal-endpoint-security-dan-cara-mengamankan-perangkat-endpoint?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Endpoint Security ?