fbpx

3 Jurus Untuk Meningkatkan Keamanan Digital

3 Jurus Untuk Meningkatkan Keamanan Digital

Daftar Isi

Dalam era digital saat ini kita harus tahu jurus untuk meningkatkan keamanan digital pada usaha kita dan hal ini sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan atau orang.

Tapi tak jarang juga meski mereka sudah mengamankan perangkat dengan perlindungan, tapi masih saja ada celah kecil yang bisa diterobos dan dibocorkan karena lemahnya sistem ataupun kelalaian dari SDM.

Maka dalam artikel ini akan kami bagikan cara untuk memberikan lapisan perlindungan serta memelihara keamanan siber yang berguna.

Enkripsi dan privasi

Musuh didalam dunia maya terkadang masih bisa saja menembus sistem perlindungan yang paling aman. Maka dengan demikian tidak sepenuhnya perlindungan data menjamin bahwa informasi data penting mereka terlindungi aman 100%.

Pada kasus ini kebijakan enkripsi dan privasi bisa digunakan sebagai persyaratan untuk seluruh kegiatan yang perlu berinteraksi dengan data penting.

Mengenkripsi data memberikan lapisan keamanan lebih terhadap informasi jika cyberattack berhasil menembus pertahanan. Enkripsi adalah langkah atau metode yang paling sederhana untuk menjaga persatuan dan kerahasiaan data.

Perangkat lunak terupdate

Memiliki perangkat lunak dengan update-an paling terbaru adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan perangkat lunak yang memiliki status update sudah ditingkatkan kembali oleh pengembang program agar tahan terhadap resiko serangan.

Apa yang terjadi jika kita tidak mengupdatenya? Perangkat lunak versi lawas akan menimbulkan banyak tantangan siber karena mungkin mengandung banyak kerentanan yang belum tertangani, sehingga ditingkatkan kembali melalui pembaruan yang disediakan.

Kaspersky Endpoint Security Product Promo

Melakukan pelatihan karyawan

Dalam kasus kebocoran data bisa terjadi akibat kesalahan dari pengguna yang kurang pengetahuan mengenai keamanan siber. Contohnya seorang karyawan yang mengklik tautan berbahaya pada PC atau perangkat keras milik perusahaan yang berisikan data-data penting, pribadi, bahkan rahasia.

Dengan alasan seperti ini tentunya selain merugikan karyawan, akan merugikan perusahaan serta pihak-pihak lain yang terlibat dengan perusahaan. Maka dari itu perlu adanya pelatihan, seminar, kampanye mengenai keamanan siber.

Dengan begitu karyawan yang sudah memiliki pengetahuan mengenai keamanan siber bisa menghindari modus-modus kejahatan siber yang menyerang perusahaan.

Kesimpulan dari jurus untuk meningkatkan keamanan digital

Begitu banyak perusahaan yang saat ini berbasis IT dan memanfaatkan teknologi sudah memberikan perlindungan kepada data-data mereka. Tapi terkadang masih saja bisa tertembus akibat kelalaian dari orang internal yang tidak mengetahui betul apa saja yang perlu dilakukan untuk mengamankan data perusahaan.

Dengan artikel ini kiranya dapat memberikan pemahaman bagi digifriends agar lebih berhati-hati dan menyadari bahwa keamanan siber yang kuat itu dimulai dengan memberikan kekuatan pada sistem internal dulu.

Baca artikel mengenai keamanan siber lainnya disini.

Baca Juga : Apa itu Cyber Security? Pengertian, Jenis, dan Ancamannya

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang 3 Jurus Untuk Meningkatkan Keamanan Digital ?