fbpx

Resiko Tidak Menerapkan Audit IT

Daftar Isi

Pengertian Audit IT

Peran teknologi informasi dalam suatu perusahaan lokal maupun internasional sangatlah penting. Hal ini dikarenakan teknologi dapat membantu secara maksimal dan efisien dalam penghematan pengeluaran dana dan waktu. Tapi meski demikian peran teknologi yang sangat bermanfaat tentunya akan memberikan masalah baru juga dalam dunia digital, yaitu kejahatan siber. Untuk memastikan bahwa teknologi yang digunakan perusahaan aman dari perlindungan aset digital, ada satu metode yang dapat digunakan yaitu melalui Audit IT.

Audit IT melakukan pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi perusahaan secara menyeluruh. Dari penjelasan barusan terdapat 3 fungsi utama Audit IT, yaitu: Availability (ketersediaan informasi), Integrity (keakuratan informasi), dan Confidentiality (kerahasiaan informasi). Mengacu pada poin confidentiality, yang menjadi pertanyaan adalah “Apakah informasi yang dihasilkan perusahaan dapat diakses oleh orang yang benar-benar berkepentingan saja ataukah ada pihak asing?”. Audit IT dapat menjawab pertanyaan tersebut, namun resiko apa yang terjadi jika suatu perusahaan tidak menggunakan Audit IT?

Penjelasan Resiko

Secara keseluruhan, perusahaan yang tidak menggunakan Audit IT kemungkinan akan menghadapi beberapa resiko besar yang bisa merugikan diri sendiri maupun pihak-pihak yang terlibat. Berikut adalah beberapa resiko yang bisa ditimbulkan akibat tidak menggunakan Audit IT, diantaranya:

  1. Meningkatnya potensi terjadinya pencurian data atau kerusakan sistem yang merugikan perusahaan
  2. Munculnya hambatan dalam perhitungan anggaran, modal, dan semua jenis transaksi yang dilakukan perusahaan
  3. Mengalami kesulitan dalam menentukan penyempurnaan dan pelaksanaan strategi marketing perusahaan yang tepat

Adanya permasalahan di atas, yang ditimbulkan dari tidak memanfaatkan fungsi Audit IT tentu akan merugikan perusahaan.

Kesimpulan

Perusahaan di masa sekarang tentunya kebanyakan memanfaatkan teknologi dalam menjalankan proses bisnisnya. Dengan bantuan dari Audit IT tentunya akan semakin memudahkan perusahaan dalam mengelola aset data digital yang dimiliki. Apabila suatu perusahaan tidak menggunakan Audit IT maka akan banyak celah negatif yang dapat menimpa perusahaan tersebut. Jangan sampai data perusahaan kalian menjadi korban selanjutnya dan teruslah untuk meningkatkan sistem digital keamanan perusahaan.

Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya disini.

Referensi:

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Resiko Tidak Menerapkan Audit IT ?