fbpx

Profesional dan Terpercaya Layanan Managed SOC dari Kami

Profesional dan Terpercaya Layanan Managed SOC dari Kami

Daftar Isi

Layanan Managed Security Operation Center (SOC) merupakan solusi keamanan cyber yang profesional dan terpercaya untuk melindungi bisnis Anda. Dalam periode Januari-Agustus 2021, terdapat lebih dari 888 juta insiden keamanan cyber di Indonesia menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Solusi seperti antivirus dan firewall masih berguna, tetapi mengingat tingkat ancaman yang semakin meningkat, diperlukan langkah yang lebih proaktif.

SOC adalah bagian penting dari strategi keamanan siber perusahaan Anda. Tim security analyst berpengalaman kami yang beroperasi 24/7 bertugas mendeteksi, menilai, dan menanggapi ancaman keamanan siber.

Layanan Managed SOC memberikan akses keahlian keamanan siber, teknologi terkini, penyesuaian dengan kepatuhan, pemantauan ancaman yang proaktif, dan penghematan biaya dan waktu dalam membangun dan mengoperasikan SOC sendiri.

Mengapa Perlu Layanan Managed SOC?

Mengapa Perlu Layanan Managed SOC?
Sumber : freepik.com/@rawpixel.com

Dalam era digital yang semakin maju, ancaman keamanan siber menjadi semakin kompleks dan berbahaya. Oleh karena itu, perusahaan dan pemerintah perlu mengambil langkah-langkah preventif yang lebih proaktif untuk melindungi sistem dan data mereka. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan menggunakan layanan Managed Security Operation Center (SOC).

Layanan Managed SOC merupakan solusi keamanan cyber yang efektif dan efisien dalam menjaga keamanan siber suatu organisasi. Melalui layanan ini, perusahaan dapat memiliki tim keamanan siber yang beroperasi 24 jam, 7 hari seminggu, untuk melakukan pemantauan, deteksi, dan respons terhadap ancaman keamanan siber secara real-time. Dengan adanya layanan Managed SOC, perusahaan dapat mengidentifikasi dan menangani insiden keamanan dengan cepat dan efisien, sehingga dapat mengurangi kerugian yang mungkin terjadi.

Salah satu keuntungan utama menggunakan layanan Managed SOC adalah akses terhadap keahlian dan teknologi terkini di bidang keamanan siber. Perusahaan tidak perlu merekrut dan melatih tenaga keamanan siber sendiri, karena layanan ini sudah menyediakan tenaga profesional yang terlatih dan terampil dalam menghadapi ancaman keamanan siber. Selain itu, perusahaan juga dapat menghemat biaya dan waktu yang diperlukan untuk membangun dan mengoperasikan SOC sendiri.

Baca Juga : Mengungkap Fungsi Center SOC dalam Keamanan Siber

Analisis Insiden dan Respons Insiden Keamanan

Salah satu aspek penting dari layanan Managed SOC adalah analisis insiden dan respons insiden keamanan. Tim keamanan siber yang beroperasi di SOC akan melakukan analisis terhadap setiap insiden keamanan yang terdeteksi, untuk mengidentifikasi sumber dan metode serangan serta dampaknya terhadap perusahaan. Selanjutnya, tim ini akan merespons insiden dengan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meminimalisir kerugian dan memulihkan keamanan sistem.

Deteksi Ancaman Real-time dan Pemeliharaan Sistem Keamanan

Layanan Managed SOC juga menghadirkan deteksi ancaman secara real-time dan pemeliharaan sistem keamanan yang terus menerus. Tim keamanan siber akan memantau dan menganalisis setiap kegiatan yang mencurigakan di jaringan perusahaan, sehingga dapat mendeteksi ancaman sebelum mereka menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Selain itu, tim ini juga akan menjaga sistem keamanan agar tetap up-to-date dan efektif dalam melindungi perusahaan dari ancaman yang terus berkembang.

Manajemen Kejadian KeamananAnalisis InsidenRespons Insiden KeamananPemeliharaan Sistem KeamananDeteksi Ancaman Real-time
Tim keamanan siber yang beroperasi 24/7 untuk memantau kegiatan di jaringan perusahaan.Menganalisis insiden keamanan yang terdeteksi untuk mengidentifikasi sumber dan dampak serangan.Merespons insiden keamanan dengan langkah-langkah yang tepat untuk meminimalisir kerugian dan memulihkan keamanan sistem.Memastikan sistem keamanan perusahaan tetap up-to-date dan efektif dalam melindungi dari ancaman yang terus berkembang.Deteksi ancaman secara real-time untuk mengidentifikasi serangan sebelum mereka menyebabkan kerusakan yang signifikan.
Layanan Managed Service SOC PT Digital Solusi Grup

Tantangan dalam Membangun SOC Sendiri

Meskipun membangun Security Operation Center (SOC) sendiri mungkin merupakan ide yang menarik, namun terdapat tantangan dan kompleksitas yang perlu dihadapi. Salah satu tantangan adalah merekrut dan melatih tenaga profesional yang kompeten dalam keamanan siber. Pakar keamanan siber merupakan salah satu profesi yang paling dicari secara global, sehingga mencari dan mempertahankan tenaga yang terlatih dapat menjadi masalah.

Selain itu, mengelola proses dan program kepatuhan serta memilih dan mengelola teknologi yang tepat juga merupakan tantangan lain dalam membangun SOC sendiri. Perusahaan perlu memiliki keahlian dalam memastikan sistem keamanan selalu diperbarui dan berjalan dengan baik untuk mendeteksi ancaman siber secara real-time. Hal ini membutuhkan pemeliharaan sistem keamanan yang konsisten dan pemantauan yang proaktif untuk menghadapi berbagai macam ancaman keamanan yang terus berkembang.

“Penting untuk diingat bahwa membangun SOC sendiri juga membutuhkan anggaran yang signifikan. Ini termasuk biaya pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak, pelatihan staf, dan pemeliharaan berkelanjutan. Bagi perusahaan dengan sumber daya terbatas, membangun SOC sendiri mungkin tidak terjangkau dan efisien.”

Secara keseluruhan, membangun SOC sendiri dapat menghadirkan tantangan dalam merekrut dan melatih tenaga ahli, mengelola kepatuhan, memilih dan mengelola teknologi yang tepat, serta mempertimbangkan anggaran yang dibutuhkan. Oleh karena itu, layanan Managed SOC menjadi solusi yang lebih efektif dan hemat biaya bagi perusahaan yang ingin meningkatkan keamanan siber mereka.

Tantangan dalam Membangun SOC SendiriSolusi Managed SOC
Merekrut dan melatih tenaga ahli dalam keamanan siberAkses kepada tenaga ahli keamanan siber yang tersertifikasi global
Mengelola proses dan program kepatuhanSudah memenuhi kepatuhan dan program keamanan yang relevan
Memilih dan mengelola teknologi yang tepatMenggunakan teknologi terkini untuk mendeteksi ancaman siber real-time
Membutuhkan anggaran yang signifikanHemat biaya karena menggunakan layanan dari penyedia Managed SOC

Baca Juga : Mengenal Tugas Security Operation Center yang Vital bagi Perusahaan

Keuntungan Menggunakan Layanan Managed SOC

Layanan Managed Security Operation Center (SOC) menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan membangun SOC sendiri. Salah satu keuntungannya adalah akses lebih baik terhadap keahlian keamanan siber. Dengan menggunakan layanan Managed SOC, perusahaan dapat mendapatkan layanan dari para profesional IT yang terlatih dalam keamanan siber. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan merespons insiden keamanan.

Selain itu, dengan menggunakan layanan ini, perusahaan juga dapat mengakses teknologi terkini yang diperlukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan yang selalu berubah. Penyedia layanan Managed SOC secara terus-menerus memperbarui sistem dan alat keamanan mereka untuk tetap dapat menangani ancaman yang semakin canggih. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu khawatir tentang kekurangan teknologi atau keterlambatan dalam merespons ancaman.

Layanan Managed SOC juga dapat membantu perusahaan dalam memenuhi kepatuhan (compliance programs) dan memberikan pemantauan ancaman yang lebih proaktif. Para profesional keamanan siber yang bekerja di Managed SOC terbiasa dengan berbagai standar kepatuhan dan dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengatasi celah yang mungkin melanggar persyaratan kepatuhan.

“Dengan menggunakan layanan Managed SOC, perusahaan dapat memanfaatkan keahlian dan teknologi terkini dalam menghadapi ancaman keamanan siber dengan cara yang efektif dan efisien.”

Layanan Managed Service SOC PT Digital Solusi Grup

Keutamaan Menggunakan Layanan Managed SOC:

  • Akses ke ahli keamanan siber yang terlatih dan berpengalaman
  • Akses ke teknologi terkini dalam menghadapi ancaman keamanan siber
  • Kepatuhan terhadap peraturan keamanan siber yang berlaku
  • Pemantauan ancaman yang lebih proaktif
  • Biaya dan waktu yang lebih efisien dibandingkan dengan membangun SOC sendiri

Dengan menggunakan layanan Managed SOC, perusahaan dapat berfokus pada bisnis inti mereka dan memiliki keamanan yang handal tanpa harus mengalami kerumitan dan biaya yang terkait dengan membangun SOC sendiri.

Keamanan siber yang kuat merupakan investasi yang penting dalam era digital ini, dan layanan Managed SOC dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjaga bisnis Anda tetap aman dari serangan cyber.

Table: Perbandingan Layanan Managed SOC dengan SOC Sendiri

 Layanan Managed SOCSOC Sendiri
BiayaLebih efisienMahal dalam pengadaan dan operasional
KeahlianAkses ke ahli keamanan siber yang terlatihMerekrut dan melatih tenaga sendiri
TeknologiAkses ke teknologi terkiniMengelola sendiri teknologi keamanan
PemantauanPemantauan ancaman yang proaktifTergantung pada pemantauan manual
KepatuhanMembantu memenuhi persyaratan kepatuhanPerlu mengelola sendiri kepatuhan

Menghubungi Kami untuk Layanan Managed SOC

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan Managed SOC dari Lintasarta Managed Security Services, Anda dapat menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Tim kami yang terdiri dari tenaga profesional keamanan siber yang tersertifikasi global siap membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan keamanan siber perusahaan Anda. Dengan layanan Managed SOC ini, Anda dapat memiliki layanan keamanan yang handal dan terpercaya untuk melindungi bisnis Anda dari ancaman keamanan siber.

Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan solusi keamanan cyber yang tepat untuk perusahaan Anda.

Baca Juga : Pengenalan SOC Gateway: Inovasi Terbaru dalam Keamanan Siber

Septian Bagus Widyacahya

Septian Bagus Widyacahya

My name is Septian Bagus Widyacahya, exploring the world of digital marketing since 2018. And now I'm focused on helping grow the business through SEO & SEM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bitdefender Antivirus: Amankan Data Anda
Antivirus
Septian Bagus Widyacahya

Bitdefender Antivirus: Amankan Data Anda

Ketika datang ke perlindungan malware dan keamanan internet, Bitdefender Antivirus adalah solusi yang dapat diandalkan. Aplikasi ini memberikan perlindungan maksimal terhadap ancaman seperti malware, virus,

Read More »
Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Profesional dan Terpercaya Layanan Managed SOC dari Kami ?