fbpx

Agar Keamanan Data Perusahaan Tetap Aman, Wajib Perhatikan Beberapa Hal Ini.

Daftar Isi

Di era saat ini, data yang tersimpan sangat mungkin berisikan informasi sensitif terkait lini bisnis maupun pelanggan yang ditangani, yang kalau sampai bocor dapat membahayakan operasional.

Saking pentingnya keamanan data ini, banyak regulator yang langsung tanggap dengan mengeluarkan regulasi terkait. Salah satu yang dikenal luas adalah General Data Protection Regulation (GDPR) yang dikeluarkan oleh Uni Eropa. Asosiasi negara-negara di Eropa ini yakin bahwa kebocoran maupun pencurian data perusahaan dapat menyebabkan bisnis kolaps dan (apabila bisnisnya memiliki skala besar) dapat menyebabkan masalah perekonomian sistemik yang berdampak luas. GDPR memaksa perusahaan-perusahaan untuk menelaah, menyaring, dan menata ulang strategi dan kebijakan keamanan datanya sedini mungkin.

Dengan situasi sepenting itu, berikut beberapa cara agar keamanan data perusahaan tetap terjamin diantaranya :

  1. Amankan infrastruktur TI

Perusahaan maupun bisnis butuh infrastruktur yang kokoh sebagai fondasi perencanaan keamanan data. Tim IT yang ada, wajib melakukan pembaruan sistem secara berkala agar patch keamanan sistem operasi selalu berada di versi terbaru. Selain patch keamanan, tindakan serupa yang wajib diterapkan pada antivirus, firewall, dan software penyaring yang digunakan untuk menangkal beragam serangan kejahatan cyber dari eksternal.

  1. Amankan gadget mobile

Gadget mobile merupakan perangkat yang bisa dibawa dan digunakan di mana-mana, seperti smartphone, laptop, tablet, dan sebagainya. Di era sekarang, tentu saja perangkat tersebut sudah tidak asing lagi digunakan di perusahaan. Keberadaannya sangat membantu dalam memfasilitasi akses data yang cepat sehingga dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan lebih sigap. Karena kemudahan akses inilah, maka perusahaan wajib memastikan bahwa seluruh perangkat yang dipunya terjamin keamanannya. Misalnya dengan menggunakan data enkripsi lokal dan password akses kuat yang tidak mudah ditebak.

  1. Gunakan pendekatan proaktif

Risiko keamanan sering mengintai perusahaan bahkan di waktu-waktu yang tidak terduga sebelumnya. Oleh karenanya, pemantauan real-time sangat penting dilakukan. Misalnya dengan melakukan monitoring melalui software khusus, sehingga bisa langsung mengambil tindakan kalau tiba-tiba muncul laporan atas aktivitas traffic yang mencurigakan. Dengan seluruh catatan yang ada, jangan lupa untuk melakukan evaluasi dan audit secara berkala.

Pada akhirnya, keamanan data di era teknologi seperti sekarang ini merupakan sebuah keharusan. Bahkan saat ini menjadi lebih krusial dibanding era-era sebelumnya—yang memiliki akses dan pengarsipan data yang terbatas.

Dengan pengamanan yang baik, maka akan berdampak pada kelancaran operasional serta keberlangsungan perusahaan di jangka pendek, menengah, dan panjang.

Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Agar Keamanan Data Perusahaan Tetap Aman, Wajib Perhatikan Beberapa Hal Ini. ?