fbpx

Perbandingan Microsoft Dynamics 365 vs Business Central

Perbandingan Microsoft Dynamics 365 vs Business Central

Daftar Isi

Ketika datang ke keputusan penggunaan solusi perangkat lunak, perbandingan antara Microsoft Dynamics 365 vs Business Central sangat penting. Keduanya menawarkan fitur dan fungsionalitas yang unik, dan pemilihan yang tepat akan membantu organisasi Anda dalam mengoptimalkan operasi dan meningkatkan efisiensi.

Microsoft Dynamics 365 adalah platform yang komprehensif yang mencakup berbagai produk, termasuk Business Central. Sedangkan Business Central adalah solusi ERP berbasis cloud yang dirancang untuk menggantikan Microsoft Dynamics NAV yang lebih lama.

Untuk memahami perbedaan antara kedua platform ini, mari kita tinjau fitur dan fungsionalitas yang ditawarkan. Kami juga akan membahas manfaat menggunakan Microsoft Dynamics 365, kelebihan Business Central dibandingkan dengan Dynamics 365, integrasi di antara keduanya, serta langkah-langkah implementasi yang diperlukan.

Pada akhirnya, kami akan membantu Anda menentukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. Apakah itu Microsoft Dynamics 365 atau Business Central, kami siap membantu Anda mengoptimalkan operasi perusahaan Anda.

Pemahaman tentang Dynamics 365 Business Central dan Finance and Operations

Pada bagian ini, kita akan membahas pemahaman yang lebih mendalam tentang Dynamics 365 Business Central dan Finance and Operations. Dynamics 365 adalah suatu kategori yang mencakup berbagai aplikasi bisnis, termasuk Business Central dan Finance and Operations.

Dynamics 365 Business Central adalah solusi ERP berbasis cloud yang menyediakan fungsi-fungsi esensial dalam pengelolaan bisnis. Solusi ini dapat digunakan secara lokal atau hybrid, sehingga perusahaan dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dynamics 365 Finance and Operations, di sisi lain, menyediakan fitur yang lebih canggih dan kompleks. Solusi ini ditargetkan untuk perusahaan yang lebih besar dan lebih membutuhkan integrasi keuangan dan manajemen rantai pasok yang kuat.

Umumnya, Business Central lebih cocok untuk perusahaan dengan skala kecil hingga menengah, sedangkan Finance and Operations lebih sesuai untuk perusahaan dengan skala yang lebih besar dan kebutuhan yang lebih kompleks. Namun, hal ini tergantung pada kebutuhan bisnis masing-masing perusahaan.

Untuk lebih memahami perbedaan antara Business Central dan Finance and Operations, berikut adalah tabel perbandingan fitur dan fungsionalitas dari kedua solusi:

Fitur dan FungsionalitasBusiness CentralFinance and Operations
Skala BisnisSkala Kecil-MenengahSkala Menengah-Besar
Integrasi KeuanganBasisRinci dan Canggih
Manajemen Rantai PasokBasisRinci dan Canggih
CustomisasiAkses ke Kode Sumber TerbukaPlugin dan Modul yang Tersedia

Tabel di atas memberikan gambaran umum tentang perbedaan fitur dan fungsionalitas antara Business Central dan Finance and Operations. Dalam memilih solusi yang tepat, perusahaan perlu mempertimbangkan skala bisnis, kebutuhan integrasi, dan tingkat kecanggihan fungsionalitas yang dibutuhkan.

Pemahaman yang baik tentang Dynamics 365 Business Central dan Finance and Operations akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang tepat dan menjalankan implementasi dengan sukses.

Baca Juga : Panduan Lengkap Langganan Microsoft 365 Kami

Perbandingan Fitur dan Fungsi Business Central dan Finance and Operations

Dynamics 365 Business Central dan Finance and Operations merupakan dua solusi ERP yang ditawarkan oleh Microsoft. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu perusahaan dalam mengelola operasi bisnis mereka, namun terdapat perbedaan signifikan dalam fitur dan fungsi yang mereka tawarkan.

Fitur Business Central:

  • Dashboards: Business Central menyediakan dashboard yang berkualitas tinggi dan mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk mengakses data penting dengan cepat dan mengawasi kinerja bisnis secara real-time.
  • Pelaporan: Platform ini menyediakan fitur pelaporan yang komprehensif, memungkinkan pengguna untuk membuat laporan yang disesuaikan untuk analisis bisnis lebih lanjut.
  • Analitik Ad-hoc: Business Central memberikan kemampuan analisis bisnis yang lebih sederhana, dengan fitur analitik ad-hoc yang memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis data secara fleksibel dan intuitif.

Fitur Finance and Operations:

  • Pelaporan yang Lebih Kaya: Finance and Operations menawarkan pelaporan yang lebih komprehensif dan kaya fitur, termasuk kemampuan untuk memvisualisasikan data dalam bentuk grafik dan diagram yang lebih kompleks.
  • Dukungan untuk Machine Learning: Solusi ini menyediakan fitur yang mendukung machine learning, memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan proses bisnis dan membuat keputusan yang lebih cerdas dengan memanfaatkan analisis prediktif.
  • Alat Bisnis yang Lebih Advanced: Finance and Operations menyediakan alat bisnis yang lebih canggih, termasuk integrasi yang lebih kuat dengan aplikasi lain dan kemampuan manajemen rantai pasok yang lebih mendalam.

Selain perbedaan fitur yang dijelaskan di atas, Dynamics 365 Business Central juga memiliki keunggulan dalam hal aksesibilitas kode sumber terbuka yang memungkinkan pengembang untuk melakukan customisasi yang lebih fleksibel. Di sisi lain, Finance and Operations menawarkan banyak opsi plugin dan modul yang tersedia melalui AppSource untuk meningkatkan fungsionalitas.

FiturBusiness CentralFinance and Operations
Dashboards✔️
Pelaporan✔️
Analitik Ad-hoc✔️
Pelaporan yang Lebih Kaya✔️
Dukungan untuk Machine Learning✔️
Alat Bisnis yang Lebih Advanced✔️
Microsoft Produk Promo

Kelebihan Business Central dibandingkan Dynamics 365 Finance and Operations

Business Central, solusi ERP berbasis cloud dari Microsoft, menawarkan sejumlah kelebihan yang membedakannya dari Dynamics 365 Finance and Operations. Dengan menggunakan Business Central, perusahaan dapat menikmati manfaat berikut:

  1. Akses Mudah ke Aplikasi Berbasis Cloud dan Web: Business Central memungkinkan akses yang mudah dan fleksibel melalui web atau aplikasi berbasis cloud. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bekerja dari mana saja, kapan saja, dengan menggunakan perangkat apapun.
  2. Keamanan yang Lebih Baik: Sebagai solusi berbasis cloud, Business Central menyediakan tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan adopsi kebijakan keamanan yang ketat dan pembaruan yang teratur. Data perusahaan akan aman dan dilindungi dari ancaman keamanan.
  3. Integrasi dengan Aplikasi Lain: Business Central dapat terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain yang sering digunakan oleh perusahaan, seperti SharePoint, MS Excel, Outlook, dan MS Word. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bekerja tanpa hambatan dan memaksimalkan efisiensi operasional.
  4. Fitur-Fitur Fungsionalitas Baru: Business Central secara teratur menghadirkan pembaruan fitur untuk meningkatkan fungsionalitas dan memberikan nilai tambah kepada penggunanya. Pengguna dapat dengan mudah mengambil manfaat dari fitur-fitur baru ini untuk menjalankan operasi bisnis yang lebih efisien dan inovatif.
  5. Model Upgrade dan Lisensi yang Fleksibel: Business Central menawarkan model upgrade dan lisensi yang fleksibel, memungkinkan perusahaan untuk mengatur skala penggunaan dan biaya implementasi. Dengan fleksibilitas ini, perusahaan dapat menjadi lebih digital dalam pengelolaan perangkat lunak dan menyesuaikan perubahan kebutuhan bisnis mereka.
  6. Proses migrasi data yang didukung sepenuhnya: Jika perusahaan sudah menggunakan Microsoft Dynamics NAV sebelumnya, Business Central menyediakan dukungan penuh dalam proses migrasi data. Hal ini memudahkan perusahaan untuk beralih ke Business Central tanpa kehilangan data yang penting.

Jika perusahaan ingin mengoptimalkan efisiensi operasional, meningkatkan fleksibilitas, dan mendapatkan manfaat dari keamanan dan fitur-fitur baru yang disediakan oleh solusi ERP berbasis cloud, Business Central adalah pilihan yang tepat.

Implementasi Microsoft Dynamics 365 Business Central

Implementasi Microsoft Dynamics 365 Business Central melibatkan beberapa langkah penting yang perlu dilakukan untuk memastikan kesuksesan dalam penggunaan platform ini. Berikut adalah langkah-langkah implementasi yang perlu diperhatikan:

1. Evaluasi Kebutuhan Bisnis

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan evaluasi mendalam terhadap kebutuhan bisnis perusahaan. Identifikasi proses bisnis yang perlu ditingkatkan, kelemahan dalam sistem yang sedang digunakan, dan tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan Microsoft Dynamics 365 Business Central.

2. Penyesuaian dan Konfigurasi

Selanjutnya, perusahaan dapat melakukan penyesuaian dan konfigurasi Business Central sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Sesuaikan pengaturan sistem, alur kerja, dan tata letak agar sesuai dengan proses bisnis perusahaan. Pastikan juga untuk mengonfigurasi pengaturan keamanan, izin pengguna, dan integrasi dengan aplikasi lain yang digunakan dalam organisasi.

3. Migrasi Data

Tahap migrasi data juga merupakan bagian penting dalam implementasi ini. Pastikan data dari sistem yang lama diimpor dengan benar ke dalam Microsoft Dynamics 365 Business Central. Evaluasi dan pembersihan data sebelum migrasi dapat membantu menghindari kesalahan atau duplikasi data yang tidak diinginkan.

4. Pelatihan Pengguna

Terakhir, jangan lupakan pentingnya pelatihan pengguna dalam implementasi Microsoft Dynamics 365 Business Central. Selenggarakan pelatihan yang menyeluruh bagi pengguna agar mereka dapat menguasai fungsionalitas yang disediakan oleh platform ini. Sediakan pula sumber daya yang membantu mereka dalam mengatasi masalah dan memaksimalkan penggunaan Business Central dalam aktivitas sehari-hari.

Dengan melalui langkah-langkah implementasi di atas, perusahaan dapat memastikan bahwa Microsoft Dynamics 365 Business Central terintegrasi dengan baik dengan proses bisnis dan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kesuksesan perusahaan.

Lisensi dan Biaya Implementasi Microsoft Dynamics 365 Business Central

Microsoft Dynamics 365 Business Central menggunakan model lisensi berlangganan berbasis bulanan. Ada dua jenis lisensi yang ditawarkan:

  1. Lisensi Essentials dengan biaya $70 per bulan per pengguna
  2. Lisensi Premium dengan biaya $100 per bulan per pengguna

Biaya implementasi Business Central umumnya sekitar 30% lebih murah dibandingkan dengan biaya implementasi Dynamics 365 Finance and Operations.

Kesimpulan

Ketika memilih antara Microsoft Dynamics 365 Business Central dan Dynamics 365 Finance and Operations, terutama saat mencari solusi terbaik antara keduanya, perlu dipertimbangkan kebutuhan dan tujuan perusahaan. Jika perusahaan memiliki operasi dalam skala kecil hingga menengah dan menginginkan solusi yang dapat diakses secara cloud, Business Central adalah pilihan yang baik.

Dengan Business Central, perusahaan dapat mengoptimalkan efisiensi bisnis dan memiliki akses mudah ke aplikasi berbasis cloud. Selain itu, integrasi dengan aplikasi lain juga dapat membantu perusahaan dalam menjalankan operasional sehari-hari. Namun, jika perusahaan memiliki kebutuhan yang lebih kompleks seperti kepatuhan keuangan dan manajemen rantai pasok, Dynamics 365 Finance and Operations mungkin lebih cocok.

Dalam memilih antara Dynamics 365 Business Central dan Finance and Operations, sangat penting untuk bekerja sama dengan ahli dan konsultan yang berpengalaman. Mereka dapat membantu dalam mengevaluasi kebutuhan perusahaan secara mendalam dan memberikan saran yang tepat untuk memilih solusi yang sesuai. Dengan bantuan mereka, perusahaan dapat menjalankan implementasi yang lancar dan sukses.

Baca Juga : Kemudahan Kerja Bersama Microsoft 365 Copilot

Septian Bagus Widyacahya

Septian Bagus Widyacahya

My name is Septian Bagus Widyacahya, exploring the world of digital marketing since 2018. And now I'm focused on helping grow the business through SEO & SEM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solusi Microsoft 365 Education Untuk Sekolah
Tentang Microsoft
Septian Bagus Widyacahya

Solusi Microsoft 365 Education Untuk Sekolah

Microsoft 365 Education merupakan solusi yang kami tawarkan untuk mendukung transformasi pembelajaran dan meningkatkan produktivitas sekolah. Dengan menggunakan Microsoft 365 Education, kami memberikan perangkat dan

Read More »
Konsultasi Sekarang!!
Butuh Bantuan ?
Halo !
Ada yang bisa kami bantu tentang Perbandingan Microsoft Dynamics 365 vs Business Central ?