Bagaimana Microsoft 365 Membantu Organisasi dalam Menghadapi tantangan Cyber Security di Masa Depan

Pentingnya keamanan informasi saat ini tidak dapat dipandang remeh. Dengan semakin banyaknya informasi yang disimpan secara digital dan semakin banyaknya serangan cyber yang terjadi, keamanan informasi menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Salah satu cara untuk memastikan bahwa informasi yang disimpan oleh sebuah organisasi aman adalah dengan menggunakan Microsoft 365, yang merupakan solusi yang komprehensif untuk keamanan informasi.

Enkripsi Microsoft 365

Microsoft 365 menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk membantu organisasi dalam menghadapi tantangan keamanan informasi di masa depan. Salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh Microsoft 365 adalah enkripsi. Enkripsi digunakan untuk mengamankan informasi yang disimpan dalam sistem dengan mengubah informasi tersebut menjadi kode yang tidak dapat dibaca tanpa kunci yang sesuai. Dengan enkripsi, organisasi dapat memastikan bahwa informasi yang disimpan dalam sistem aman dari akses yang tidak sah.

Jenis Enkripsi pada Microsoft 365

Microsoft 365 menyediakan dua jenis enkripsi yaitu enkripsi pada perangkat (device encryption) dan enkripsi pada perjalanan (transport encryption). Enkripsi pada perangkat digunakan untuk mengamankan informasi yang disimpan dalam perangkat seperti laptop dan smartphone, sementara enkripsi pada perjalanan digunakan untuk mengamankan informasi saat dikirim melalui jaringan.

  • Enkripsi pada Perangkat

Enkripsi pada perangkat yang ditawarkan oleh Microsoft 365 mencakup dukungan untuk BitLocker, yang merupakan enkripsi pada perangkat yang disertakan dalam Windows. BitLocker memungkinkan pengguna untuk mengunci hard drive dengan kunci yang ditentukan sehingga hanya orang yang memiliki kunci tersebut yang dapat mengakses informasi yang disimpan dalam hard drive tersebut.

  • Enkripsi pada Perjalanan

Enkripsi pada perjalanan yang ditawarkan oleh Microsoft 365 mencakup dukungan untuk HTTPS, yang digunakan untuk mengamankan koneksi internet dan mencegah pihak yang tidak berwenang mengakses informasi yang dikirim melalui jaringan. HTTPS menggunakan enkripsi SSL atau TLS untuk mengamankan informasi yang dikirim melalui jaringan.

Pembatasan Akses

Selain enkripsi, Microsoft 365 juga menyediakan fitur lain yang berguna untuk keamanan informasi, seperti pembatasan akses dan dukungan untuk autentikasi multifaktor. Pembatasan akses memungkinkan organisasi untuk mengontrol siapa yang dapat mengakses informasi yang disimpan dalam sistem, sementara autentikasi multifaktor memungkinkan organisasi untuk memastikan bahwa hanya orang yang sah yang dapat mengakses informasi tersebut.

Keamanan Microsoft 365 pada Mobile 

Microsoft 365 juga menyediakan dukungan untuk keamanan mobile. Ini memungkinkan organisasi untuk mengamankan informasi yang disimpan dalam perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Fitur ini termasuk pembatasan akses, enkripsi, dan dukungan untuk autentikasi multifaktor.

Kesimpulan

Dalam keseluruhan, Microsoft 365 merupakan solusi yang komprehensif untuk keamanan informasi. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, organisasi dapat memastikan bahwa informasi yang disimpan dalam sistem aman dari akses yang tidak sah dan dapat menghadapi tantangan keamanan informasi di masa depan dengan lebih baik.

Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya disini

Referensi

https://www.microsoft.com/id-id/security/business/be-fearless 

https://news.microsoft.com/id-id/2022/05/10/microsoft-memperkenalkan-microsoft-security-experts-untuk-membantu-organisasi-mencapai-hasil-kerja-yang-lebih-aman-patuh-dan-produktif/ 

Similar Posts