10 Penyebab Laptop Not Responding

Saat sedang menggunakan laptop, apakah digifriends pernah mengalami tiba-tiba laptop mengalami not responding? Jika pernah, pasti rasanya cukup membuat kesal, ya. Nah, kali ini kami akan membahas apa saja penyebab laptop mengalami not responding, yaitu antara lain:
  1. Terkena virus Virus pada perangkat elektronik ini memang bisa memperlambat bahkan merusak laptop. Oleh karena itu, waspada saat menerima file baik secara online maupun offline.
  2. Hardisk yang sudah lama Hardisk memiliki batasan usia pemakaian. Hardisk yang sudah tua atau lama akan mempengaruhi performa laptop secara keseluruhan.
  3. Hardisk penuh Laptop lemot juga bisa dipengaruhi oleh hardisk yang penuh. Data yang banyak juga menjadikan faktor penyebab laptop menjadi lemot.
  4. Jarang melakukan update OS Pengguna laptop Windows atau MacOS, kamu tetap perlu rutin memperbarui sistem operasinya. Hal ini guna untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada laptop. Kalau jarang melakukan update, siap-siap saja laptop akan sering mengalami not responding.
  5. Banyak start up program Aplikasi yang banyak tersimpan di laptop juga menjadi salah satu penyebab dari laptop not responding. Dikarenakan beberapa aplikasi itu akan berjalan di background secara otomatis saat kamu mulai menyalakan laptop. Makin banyak aplikasi yang berjalan otomatis ketika booting menjadikan laptop semakin lemot
  6. Banyak add-ons Menambahkan add-ons pada laman browser menjadi penyebab laptop lemot. Kita perlu teliti sebelum memasang add-ons
  7. Banyak menjalankan aplikasi Tak jarang kamu membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Hal ini juga merupakan penyebab laptop not responding, karena terbatasnya RAM.
  8. Banyak browser tab yang dibuka Selain menjalankan banyak aplikasi, penyebab laptop not responding lainnya karena banyaknya browser tab yang kamu buka yang dapat menguras RAM laptop. Apalagi kalau situs yang sedang dibuka memiliki fitur auto-refreshing.
  9. Antivirus yang terlalu aktif Untuk mengatasi adanya virus pada laptop, pasti anda sudah bersiap dengan aplikasi antivirus. Namun, kalau aplikasi antivirus ini terlalu aktif, juga menjadi penyebab laptop not responding karena berjalan di background. Untuk mengatasinya, anda bisa mengatur waktu tertentu untuk melakukan secanning secara rutin.
  10. Ukuran RAM kecil Besarnya RAM yang terdapat pada laptop menjadi salah satu faktor penting terhadap kecepatannya. Kalau RAM kamu kecil, bisa coba ganti ke RAM yang lebih besar.
Nah, setelah digifriends membaca apa saja penyebab laptop mengalami not responding, jangan lupa untuk wajib menggunakan perlindungan digital antivirus terpercaya untuk melindungi laptop agar tetap terjaga performa optimal nya ya. Mau tanya-tanya seputar produk antivirus atau software original lain nya segera hubungi kami!

Similar Posts